Saturday, July 6, 2013

Wasir (Ambeien, Hemorrhoid)? Jangan Buru-Buru Suntik atau Operasi


Masih ingat pesan orang tua agar banyak makan buah dan sayur? Pesan ini mungkin disepelekan Napoleon Bonaparte, si kaisar Perancis penakluk Eropa dan presiden Amerika Serikat ke 39, Jimmy Carter sehingga mereka pernah menderita hemorrhoid (wasir/ambeien) saat berkuasa. Wasir adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah vena di sekitar dubur (anus) atau rectum (bagian bawah usus besar sebelum dubur). Wasir biasanya tidak berbahaya. Anda belum tentu menyadarinya. Namun wasir sering menyakitkan dan mengganggu aktivitas. Orang sehat bisa terserang wasir.
Berdasarkan lokasinya wasir bisa terjadi internal (di dalam rectum) atau external (di sekitar anus). Wasir internal karena pembuluh darah rectum bengkak. Dinding rectum tidak memiliki saraf seperti kulit sehingga wasir internal tidak sakit dan mudah terabaikan. Wasir internal biasanya terdeteksi ketika bercak darah terlihat pada feses atau kakus saat Buang Air Besar (BAB). Derajat keparahan wasir internal dibagi menjadi empat. Tingkat pertama adalah wasir yang menetap di dalam rectum namun berdarah saat BAB. Tingkat ke-dua adalah wasir internal yang terdorong keluar dari rectum saat BAB dan kemudian masuk kembali ke dalam rectum dengan sendirinya. Tingkat ke-tiga juga wasir yang terdorong keluar saat BAB namun Anda harus memasukkannya sendiri ke dalam rectum setelah BAB. Tingkat ke-4 adalah wasir yang terdorong keluar dan menetap di luar rectum sehingga Anda tidak bisa mendorongnya kembali ke rectum. Wasir tingkat ke-4 biasanya terasa gatal dan sakit. Wasir tingkat ke-4 bisa terjepit (stranggulasi) sehingga menimbulkan nyeri luar biasa.

Wasir external (di luar rectum) lebih mudah terdeteksi karena pembengkakan vena terjadi di kulit anus dan berwarna biru. Wasir external biasanya gatal dan/atau menyakitkan karena kulit anus memiliki saraf. Wasir external memerah dan lunak saat terjadi peradangan.

Beberapa penyakit colon (usus besar) memiliki gejala serupa wasir. Maka berkonsultasilah dengan dokter jika menemukan gejala wasir (ambeien) karena bisa saja ditemukan masalah colon (baca: kolon) yang lebih serius terutama jika berusia di atas 40 tahun dan ada riwayat kanker colon di keluarga. Bercak darah pada feses atau saat buang air besar, misalnya, juga ada pada pasien kanker colon. Hindari mengobati wasir dengan salep atau obat-obatan tanpa petunjuk dokter karena bahaya efek samping.

Penyebab wasir bermacam-macam seperti obesitas, anal sex, faktor keturunan, kehamilan, penuaan, defisiensi vitamin E, duduk terlalu lama, terlalu sering mengangkat beban berat, sering mengejan terlalu kuat, diare, dan kebiasaan BAB yang terlalu lama karena sambil membaca koran atau merokok. BAB yang tak kunjung selesai memberi tekanan besar pada pembuluh darah di sekitar dubur tanpa Anda sadari. Gaya hidup Anda mempengaruhi wasir. Kurang makan makanan berserat seperti buah dan sayur menyebabkan pengerasan feses. Pengerasan feses juga terjadi jika Anda sering menunda BAB karena kandungan air dalam feses yang tidak segera dibuang akan terus diserap oleh colon. Feses yang keras sulit dibuang dan dapat menyebabkan konstipasi sehingga memaksa Anda untuk mengejan sekuat-kuatnya. Kebiasaan ini memberi tekanan besar pada pembuluh darah di rectum dan anus sehingga terbentuk wasir. Feses seharusnya padat namun dapat bergerak keluar dengan lancar. Maka banyak minum air putih, mencukupi asupan gizi dan makanan berserat penting untuk menghindari wasir. Olah raga rutin juga bagus untuk mengurangi resiko wasir.

Jangan pusing karena wasir. Operasi bukan satu-satunya solusi. Operasi sebaiknya dihindari karena kendala seperti penggunaan anastesi sehingga harus dilakukan/menginap di rumah sakit, mahal, dan cuti kerja selama masa penyembuhan yang cenderung lama dan menyakitkan. Resiko komplikasi operasi juga besar. Dokter-dokter di Amerika Serikat dan negara maju lain mengutamakan penyembuhan wasir tanpa operasi.

Penyembuhan wasir tanpa operasi ampuh saat ini adalah metode Barron yang menjepit wasir dengan karet khusus sehingga menghentikan aliran darah ke wasir. Wasir akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu minggu. Tingkat keamanan dan kesembuhan dengan metode ini lebih besar daripada metode-metode non-operasi lain. Metode Barron ada dua macam yaitu metode Barron lama (kuno) dan mutakhir. Metode Barron mutakhir menggunakan penyedot vakum untuk menarik wasir sampai ke dasar dinding rectum sebelum karet gelang khusus dipasang pada wasir sehingga menjamin keberhasilan terapi yang tinggi tanpa luka atau resiko infeksi. Sebaliknya, metode Barron kuno menarik wasir dengan pinset sebelum dipasang karet gelang khusus sehingga menyebabkan rasa nyeri hebat karena terjadi luka atau pembuluh darah pecah saat dijepit dan ditarik pinset. Selain itu, mutu karet yang dipakai pada metode Barron kuno biasanya tidak sebagus karet metode Barron mutakhir yang sangat elastis tetapi memiliki daya jepit lebih kuat sehingga meminimalkan rasa nyeri. Karet Barron Mitra Laboratorium Klinik berasal dari Eropa. Mitra Laboratorium Klinik berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Penanganan wasir dengan sistem Barron mutakhir lebih ekonomis, berlangsung singkat, dan pasien dapat segera beraktivitas seperti biasa seusai tindakan.

Waspada metode sclerotherapy untuk wasir. Sclerotherapy adalah penyuntikan (injeksi) wasir dengan cairan kimiawi yang mengeraskan pembuluh darah vena agar aliran darah menuju wasir berhenti. Negara-negara maju tidak menggunakan sclerotherapy karena resiko infeksi dan komplikasi yang menyebabkan kerusakan rectum sangat besar seperti penyempitan lubang dubur sehingga harus dikoreksi dengan pembedahan. Jika sasaran suntik meleset bisa menyebabkan kemandulan pada pasien pria karena lokasi kelenjar prostat yang dekat rectum. Selain itu, bahan sclerotherapy beresiko menyebabkan reaksi alergi.

Wasir (hemorrhoid) termasuk gangguan kesehatan colon yang banyak dialami orang. Walaupun wasir biasanya tidak berbahaya namun keberadaannya bisa mengganggu. Perubahan gaya hidup dan pola makan bisa mencegah wasir. Jika wasir mengganggu, pilihlah solusi non-operasi dengan biaya ekonomis, aman, dan keberhasilan tinggi karena ilmu kedokteran saat ini menghindarkan tindakan operatif yang mahal dan penuh resiko kesehatan.


Jl. Stadion Selatan 11, Semarang 50241, Jawa Tengah.
Tel: 024 – 844 4149 dan 831 6334 Fax: 024 – 831 2704
Handphone: 081 90 111 8719 (XL) atau 0811 272 6533 (HALO)
Black Berry PIN: 2A42AE07
Penulis: Mr. Silvan Susanto Prayogo MSc. Biotechnology.

3 comments:

  1. biayanya brp?
    apa kliniknya hanya ada di semarang?
    apakah di mlng ada?

    ReplyDelete
  2. Biaya adalah Rp. 1 Juta per tindakan (maksimum dua sampai tiga titik wasir yang ditangani per tindakan).

    Klinik hanya ada di Semarang, Jawa Tengah. Tidak ada di kota-kota lain.

    Silakan lihat www.mitralab.com ATAU www.mitralab.com/home_indo.html.

    Blog kami: mitralab.blogdetik.com.

    Email: mitralab@gmail.com

    Mohon mendaftar dulu sebelum datang (JANGAN DATANG MENDADAK).

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Semoga informasi di atas membantu.

    Silvan S. Prayogo
    Mitra Laboratorium Klinik
    www.mitralab.com

    Tel: 024 - 844 4149 atau 831 6334

    ReplyDelete
  3. Waahhh sayang ya tempat nya cukup jauh ! Saya domisili di Malang

    ReplyDelete